Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Saipul Mbuinga Ingin Kembangkan Tanaman Porang di Pohuwato

Pojok6.id (Pemkab Pohuwato) – Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga berencana mengembangkan potensi tanaman porang di Pohuwato. Peluang pasar yang menjanjikan dinilai mampu mendongkrak ekonomi warga petani.

Hal itu disampaikannya dalam diskusi Pemkab Pohuwato bersama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Selatan, Kamis (7/10/2021). Dalam kesempatan itu, Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga didampingi Kadis Pertanian, Kepala Baperlitbang dan Kadis Kominfo Pohuwato.

“Banyak informasi yang saya dengar terkait tanaman porang yang bisa mendongkrak perekonomian dan katanya tanaman yang menjanjikan. Warga kami mulai bertanya-tanya,” ungkapnya.

Potensi besar tersebut dinilai dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. Hal demikian sejalan dengan program penurunan angka kemiskinan di kabupaten Pohuwato. Selain itu, ada peningkatan pada pendapatan asli daerah.

Menanggapi hal itu, BPTP Sulsel mengatakan hampir seluruh kabupaten di Sulsel sudah menanam porang. Di Sulsel pun terdapat 5 pabrik porang dan tahun ini bertambah lagi 2 pabrik. Hasil produksi yang tinggi beberapa testimoni dari petani porang hasilnya mencapai Rp100 Juta per hektar.

“Kapasitas produksi 5 pabrik itu 5 sampai 10 Ribu Ton per bulan. Sementara bahan bakunya hanya 30 persen yang bisa dipenuhi oleh petani. Jadi ada peluang 70 persen,” papar salah satu pejabat BPTP Sulsel.

Diketahui, tanaman porang ini pun mendapatkan perhatian khusus dari Presiden RI, Joko Widodo. Presiden meminta Menteri Pertanian untuk mengembangkan komoditas porang. (Adv/Rls/Nal)

Comments are closed.