Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Menteri Desa PDTT Sebutkan Dua Hal Menjadi Fokus Dalam Pembangunan Desa

Pojok6.id (UNG) – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, menyebutkan ada dua hal yang menjadi fokus dalam pembangunan desa.

“Pertumbuhan Ekonomi dan dan peningkatan SDM merupakan dua hal yang menjadi fokus utama dalam membangun desa,” ungkap Abdul Halim, saat memberikan sambutan pada kegiatan Regional Meeting Kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara, Sabtu (12/6/2021), di TC Damhil UNG.

Menurut Abdul Halim, dalam pertumbuhan ekonomi dan peningkatan SDM di Indonesia masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan masih banyak permasalahan yang dihadapi oleh desa, dan juga desa masih kesulitan dalam memetakan masalah yang jadi prioritas untuk diselesaikan.

“Itulah makanya sampai hari ini desa masih menjadi objek pembangunan belum menjadi subjek pembangunan, sehingga kita terus berupaya agar desa bisa menjadi subjek pembangunan,” ujarnya.

Sementara itu, Abdul Halim menambahkan, bahwa Merujuk pada Pilpres 59 tahun 2017 tentang tujuan pembangunan berkelanjutan Kemendes PDTT, dirinya akan berupaya melokalisasikan tujuan pembangunan berkelanjutan ini bukan pada level nasional tetapi pada level desa, agar kesadaran permasalahan yang dihadapi oleh desa memang didasarkan pada masalah yang sebenarnya.

“Sehingga perencanaan pembangunan desa tidak berbasis pada keinginan elit desa saja, tidak berbasis pada tawa menawar untuk kepentingan yang tidak berbasis masalah, tetapi perencanaan pembangunan di desa selalu berbasis pada masalah,” pungkasnya. (adv/ryn)

Comments are closed.