Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Tolak Tambang Emas, Pemuda Bone Bolango Desak Pemerintah Cabut Izin PT Gorontalo Mineral

BONE BOLANGO – Aliansi Pemuda Peduli Lingkungan (AMDAL), menggelar aksi unjuk rasa damai sebagai protes aktivitas pertambangan emas yang dilakukan oleh PT Gorontalo Mineral (GM) di Kecamatan Bone Raya, Kabupaten Bone Bolango. Aksi dilakukan di kantor Camat Bone Raya, Rabu (2/6/2021).

Irfan Djamaini, selaku Humas AMDAL mengatakan bahwa sampai saat ini PT Gorontalo Mineral belum memberikan penjelasan kepada warga setempat atas aktivitas apa saja yang dilakukan.

“Aksi ini adalah ingin memperjelas apa saja yang menjadi kegiatan dari Goronto Mineral. Karena sebelumnya kita (AMDAL) sudah pernah melakukan audiensi dengan Gorontalo Mineral, tapi dengan berbagai macam pertanyaan yang kemudiaan tidak melahirkan satu kejelasan sehingga kita lakukan aksi ini,” ungkap Irfan melalui sambungan telpon, Rabu (2/6/2021).

Sebelum melakukan aktivitas pertambangan emas kata Irfan, PT Gorontalo Mineral harusnya melakukan sosialisasi lebih dulu untuk memulai proses produksi.

“Karena itu sudah sesuai dengan undang-undang lingkungan hidup bahwa sebelum melakukan proses operasi seharusnya Gorontalo Mineral ini melakukan sosialisasi masterplan kemudian izin AMDAL nya (analisis mengenai dampak lingkungan) dan sampai saat ini belum ada itikad baik dari Gorontalo Mineral untuk melakukan hal itu,” kata Irfan

Pihaknya sebut Irfan menyesalkan sikap pemerintah yang selama ini dinilai membela PT Gorontalo Mineral.

“Sehingga dengan aksi ini kami mendesak kepada pemerintah untuk meninjau kembali atau perlu mencabut izin dari PT Gorontalo Mineral dan mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan,” pungkasnya.(Jar)

Comments are closed.