Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Cibutu, Tempat Pramuka yang Kini Jadi Tempat Wisata Baru di Bone Bolango

BONE BOLANGO – Terinspirasi dari sebuah objek wisata Cibubur yang ada di Jakarta, Sarce Makrun kini membuat wisata serupa di Gorontalo, tepatnya di Desa Butu, Kecamatan Tilongkabila, Bone Bolango,yang diberi nama Cibutu.

Kepada pojok6, Sarcen mengatakan bahwa awal mula tempat tersebut dijadikan sebagai tempat kepramukaan anak-anak Pramuka di Gorontalo dari tahun 90-an. Dan tiga tahun terakhir ini lahan seluas 1 hektar itu selain untuk Bumi Perkemahan, lokasi tersebut ditambah fungsinya menjadi objek wisata.

“Awalnya Cibutu itu diambil dari kata Cibubur. Karena kegiatan di sini ini 75 persen pramuka, terus lokasinya juga berada di Desa Butu dan kami sekeluarga ini alumni dari Buperta Cibubur (tempat yang sering diselenggarankan kegiatan kepramukaan tingkat nasional) dan mantan pengurus pramuka juga, makanya lokasi ini diberi nama Cibutu,” kata Sarcen, pemilik tempat wisata Cibutu tersebut, Sabtu (29/5/2021)

Ia menambahkan, wisata yang buka dari jam 8 pagi itu, kini sudah dilengkapi beberapa fasilitas diantaranya, menara pandang, kolam ikan, kolam renang, rumah pohon, karaoke, dan tersedia juga gedung pertemuan dengan kapasitas 500 orang, sirkuit mobil anak, dan masjid.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa wisata  tersebut masih dalam tahap promosi dan juga sementara mengurus perizinannya di Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Bone Bolango.

“Wisata ini masih dalam tahap promosi, maka tarifnya tidak terlalu mahal yaitu hanya 5000 ribu dan bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada disini,” kata Sarcen

Karena terbilang masih baru, pengunjung yang datang di wisata ini masih seputaran daerah tersebut. Tian salah satunya, wanita berusia 22 tahun yang beralamat di Desa Tunggulo, Kecamatan Tilongkabila bersama kerabatnya terlihat menikmati wisata CIBUTU itu. Kata Tian, alasan dia mengunjungi wisata tersebut karena penasaran melihat postingan di media sosial mengenai wisata tersebut.

“Baru pertama kali kesini. karena penasaran ada liat postingan di facebook jadi ada datang,” ujarnya.(Jar)

Comments are closed.