Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Dukung Kemajuan Pertanian, Ini Rencana Dinas TPHP Gorontalo Utara

GORONTALO UTARA – Dalam rangka mendukung kemajuan pertanian, khususnya di Kabupaten Gorontalo Utara, Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Gorontalo Utara menyiapkan sejumlah program di tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Gorontalo Utara, Jakfar Hanafie.

“Untuk Program PSP, itu ada beberapa kegiatan dari 2 seksi yang ada, yakni bidang Pengelolaan Lahan dan Air (PLA) dan Asuransi serta bidang pupuk Pestisida dan Alsintan,” ungkap Jakfar.

Dalam program yang dijalankan, lanjut Jakfar, ada beberapa pengadaan yang dilakukan baik yang menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Untuk PLA dan Asuransi, itu ada pembangunan jalan tani 22 unit. Juga ada pembangunan Embung/tempat penampungan air berjumlah 2 unit, perpompaan 2 Unit dan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier 12 unit,” urainya.

Sementara untuk kegiatan pembiayaan melalui asuransi tahun 2021, masih akata Jakfar, ada 500 hektar untuk Kabupaten Gorontalo Utara, melalui bantuan dari pemerintah dengan premi Rp. 36.000 per hektar.

“Sehingga dengan luas 500 hektar pembiayaannya kurang lebih Rp. 18 juta. Selain itu juga ada pengadaan alat dan mesin pertanian berupa ada mesin pemangkas, Hand Spayer, Hand Traktor dan Kultivator,” tutup Jakfar. (adv/suk)

Comments are closed.