Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Pondok Pesantren Alkhairaat Gelar Peringatan Haul Guru Tua

GORONTALO – Pondok Pesantren Alkhairaat Kota Gorontalo menggelar Peringatan Haul Guru Tua, Al Habib Idrus Bin Salim Aljufri yang ke-53 dengan tema Membumikan Nilai-nilai Perjuangan Guru Tua.

Sofyan Alhadar, Ketua Komisariat Daerah Alkhairaat Kota Gorontalo mengatakan Haul Guru Tua Biasanya digelar di Alkhairaat Pusat, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Namun untuk 2 tahun terakhir ini diselenggarakan dimasing-masing daerah.

“Belum bisa dilaksanakan di Alkhairaat Pusat, karena masih pandemi Covid-19. Sehingga disampaikan bahwa untuk komisariat provinsi maupun daerah agar melakukannya di daerah masing-masing,” ucap Sofyan Alhadar, Senin malam (24/5/2021).

Pimpinan Pondok Pesantren Alkhairaat Kota Gorontalo, Ustaz Abdul Muin Mooduto, mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Haul Guru Tua dilakukan di masing-masing daerah tersebut sesuai dengan surat edaran oleh pengurus besar Alkhairaat dan panitia haul tahun 2021.

“Alhamdulilah dengan amanat tersebut, untuk seluruh Komwil dan Komda di Indonesia melaksanakan Haul Guru Tua, dilaksanakan di masing-masing daerah,” ungkap Abdul Muin.

Lebih lanjut ia mengatakan dengan perayaan sederhana itu dapat memotivasi para Abnaul Khairaat (Alumni Alkhairaat) untuk lebih semangat meningkatkan pengabdian terhadap organisasi keagamaan.

“Semoga dengan pembacaan Manaqib (Biografi) Guru tua, dapat meningkatkan pengabdian dan kasih sayangnya terhadap Alkhairaat dan juga cintanya anak-anak kepada Alkhairaat dan Habib Idrus insyaallah tidak akan pernah punah,” ujarnya

Terakhir, Abdul Muin berharap untuk pelaksanaan Haul Guru Tua tahun berikutnya dapat kembali lagi dilaksanakan di Pusat Pesantren Alkhairaat, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

“Haul Ini bukan artian tidak baik di daerah, hanya saja pelaksanaanya yang agak berbeda. Karena di sisi lain, orang-orang yang dari luar Alkhairaat ingin melihat secara langsung bagaimana sebenarnya Alkhairaat pusat itu, dan bisa berziarah ke makamnya Habib Idrus,” pungkasnya.(Jar)

Comments are closed.