Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Terkait Program Bantuan Bibit, Ini Penjelasan Dinas Pertanian Gorut

GORONTALO UTARA – Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Gorontalo Utara, Mohammad Fadly menjelaskan terkait bantuan bibit yang dibiayai melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara(APBN).

“Yang pertama itu ada pengembangan perluasan tanaman kelapa seluas 100 hektar. Dan itu terbagi di kecamatan Atinggola dan Tomilito, terus ada bibit cengkeh sumber dana APBN bantuan dari BPTP itu sebanyak 30 hektar dan itu untuk wilayah Atinggola,” jelas Fadly.

Untuk bantuan yang bersumber dari dana APBD 1, lanjut Fadly, ada pengadaan kelapa genjah pandan wangi yang tersebar di Kecamatan Anggrek dan Kwandang sebanyak 200 bibit.

“Dan untuk pembangunan solar Dryer Dome (tempat Pengeringan Cengkeh) dan pembangunan Unit Pengelola Hasil(UPH) Kelapa, masih dalam proses pengadaan, yang rencananya akan ditempatkan di Tolinggula,” kata Fadly.

Sementara untuk pengadaan bibit kelapa dalam, masih kata Fadly, saat ini masih dilakukan proses survei Calon Petani dan Calon Lahan (CPCL).

“Untuk APBD 2, bibit kelapa dalam itu sebanya 125 pohon seluas 12 hektar. Namun itu masih menunggu CPCL, setelah itu Dinas bakalan turun verifikasi, dibuatkan SK lalu di beri bantuan,” tutup Fadly. (Adv/suk)

Comments are closed.