Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Doni Monardo Tegas Soal Pengetatan Hingga Penutupan Tempat Wisata

JAKARTA – Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan kebijakan penutupan tempat wisata merupakan upaya pencegahan lonjakan kasus COVID-19 pasca libur lebaran. Ia mengatakan ini Sabtu, (15/5/2021) di Media Center Graha BNPB,Jakarta.

Bahkan, Doni mengingatkan, pemerintah daerah berinisiatif untuk mengendalikan kerumunan di tempat-tempat wisata.

“Kita pertahankan pengetatan mudik sampai awal Juni maka pertumbuhan kasus aktif bisa kita kurangi. Kemudian juga yang harus kita ingatkan lagi adalah tempat tempat wisata. Mohon kiranya daerah berinisiatif jangan sampai dibiarkan aktivitas publik di wisata melampaui batas 50%,” kata Doni Monardo

Ia meminta, masing-masing Polda berani mengambil sikap jika tempat wisata melanggar peraturan pemerintah. Jika diperlukan, penutupan tempat wisata akan dilakukan untuk alasan keselamatan masyarakat sebagai cara mengurangi kerumunan.

“Sekali lagi kami harapkan seluruh satgas daerah terutama unsur Polda harus berani mengambil keputusan melakukan langkah langkah penertiban bahkan bila perlu apabila membahayakan keselamatan masyarakat lebih baik ditutup saja,” tegas Doni Monardo

Kerjasama pemerintah dan berbagai lapisan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan diminta untuk kembali dilaksanakan. Selain itu, Doni meminta untuk setiap diri masing-masing mengambil peran untuk saling mengingatkan Prokes.

“Bicara yang terbuka kepada masyarakat dan pengelola dan kita harapkan pengelola pengelola pariwisata pun bisa bekerjasama. Karena kalau kasus meningkat otomatis kita akan mundur lagi. Bantuan dan dukungan dari seluruh komponen masyarakat setiap saat setiap hari setiap jam mengingatkan kita semua saling mengingatkan tentang mematuhi protokol kesehatan hanya dengan saling mengingatkan lah kita mengurangi resiko,” jelasnya

Ia berharap jika upaya ini berhasil menekan laju penyebaran Covid-19 hingga pada bulan Agustus nanti, menurutnya ini menjadi kado di hari ulang tahun kemerdekaan RI.

“Kalau seandainya ini baik sampai akhir Juni ini berjalan terus sampai dengan bulan Agustus pertengahan mungkin bisa menjadi hadiah atau kado ultah bagi perayaan ulang tahun bangsa kita,” Ucap Doni. (Nal)

Liputan khusus ubah laku: 3M (Menjaga Jarak Mencuci tangan pakai sabun, Menghindari kerumunan)

Comments are closed.