Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Bupati Pohuwato Bahas Krisis Lingkungan bersama BPDAS

POHUWATO – Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga dikunjungi kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Provinsi Gorontalo, Heru Permana. Kunjungan itu membahas krisis air bersih hingga lingkungan. Salah satu persoalan yang dibahas adalah penurunan pasokan air PDAM saat musim kemarau.

“Karena pasokan air di PDAM terus menurun utamanya saat kemarau dan salah satu penyebab adalah berkurang daerah tangkapan air. Dimana di dalamnya tanaman-tanaman yang berfungsi menahan dan menyerap air telah berkurang,” Ungkap Saipul,Senin (10/5/2021).

Dirinya mengaku khawatir daerah aliran sungai (DAS) di Pohuwato yang mulai tampak krisis. Ha; itu berimbas pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Ia pun berharap persoalan itu mendapatkan perhatian serius dari BPDAS.

Menurutnya, pemulihan fungsi hutan segera dilakukan seperti menanam pohon di daerah aliran sungai (DAS).

“Yang ditanam berupa pohon durian dan jambu mete, tanaman durian sebagai pencegah erosi di lahan-lahan yang miring juga berguna bagi masyarakat, sehingga dipastikan masyarakat bisa merawat tanaman tersebut,” urai Saipul.

Heru Permana, Kepala BPDAS Gorontalo mendukung rencana program pemulihan lingkungan dengan mengembalikan fungsi hutan dan menjaga ketahanan air.

“Perlu dilibatkan stakeholder lainnya seperti Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) dan yang lebih efektifnya di bawah naungan kelompok kerja atau pokja,” ujarnya.(Adv/Nal)

Comments are closed.