Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Tingkatkan Populasi Ternak Sapi, Dinas Peternakan Gorut Lakukan Dua Hal Ini

GORONTALO UTARA – Dinas Peternakan Kabupaten Gorontalo Utara melakukan Inseminasi Buatan (IB) dalam pembibitan ternak sapi, selain Intensifikasi Kawin Alam (Inka). Hal tersebut dilakukan demi peningkatan populasi hewan ternak di Gorontalo Utara.

Saat diwawancara, Kepala Dinas Peternakan Gorontalo Utara Asrin Menu mengungkapkan, sesuai program Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, dalam peningkatan populasi komoditi hewan ternak sapi pihaknya melakukan pembibitan.

“Program peningkatan populasi ini sejalan dengan program unggulan dari Kementerian Pertanian RI. Melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, program ini diberi nama Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri atau SIKOMANDAN,” ungkap Asrin.

Upaya peningkatan populasi hewan ternak, kata Asrin lagi, dapat dilakukan dengan 2 cara yakni inseminasi buatan (IB) dan intensifikasi kawin alam (INKA).

“Dalam melakukan inseminasi buatan, itu disesuaikan dengan siklus birahi sapi betina produktif yang muncul selama 21 hari, jika setelah dilakukan IB dan 21 hari selanjutnya siklusnya tidak muncul lagi, maka dinyatakan berhasil,” tutup Asrin. (Adv/suk)

Comments are closed.