Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Waspadai Siklon Tropis Surigae, BPBD dan Polres Gorontalo Kota Dirikan Posko Terpadu

KOTA GORONTALO – Waspadai Siklon Tropis Surigae, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Polres Kota Gorontalo dirikan Posko Terpadu Siaga Bencana 24 jam di Lapangan Taruna Remaja.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Gorontalo, Endi Yunus Danial mengungkapkan, ini merupakan tindakan cepat siap siaga di karenakan Kota Gorontalo termasuk dalam 9 wilayah yang terkena dampak dari Siklon tropis tersebut.

“Dari informasi yang kami terima dari BMKG, Kota Gorontalo termasuk dalam 9 wilayah yang akan terkena dampak dari Siklon tropis surigae ini,” ungkap Endi, Sabtu (17/4/2021).

Ia menjelaskan, bahwa instruksi ini berasal dari BMKG kepada seluruh wilayah yang terkena dampak siklon tropis, agar para pemangku kebijakan baik dari Forkopimda dan pemkot dapat mengambil tindakan siap siaga terkait fenomena siklon tropis surigae.

“Ini merupakan inisiatif dari Polres, kemudian kita BPBD sebagai koordinator dan bekerjasama dengan TNI, Polri, Basarnas, Damkar, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Instansi-instansi terkait lainnya,” ujarnya.

Sedangkan untuk fenomena dan dampak Siklon tropis surigae ini, lanjut Endi, adalah berupa perubahan cuaca yang tidak menentu serta angin kencang disertai hujan dan petir.

“Untuk Kota Gorontalo sendiri, yang harus kita waspadai adalah pesisir pantai, seperti tinggi ombak terutama untuk para nelayan yang sedang mencari ikan, lalu kemudian angin kencang serta hujan yang membahayakan kita saat berteduh di bawah pohon,” jelasnya.

Untuk lokasi Posko Terpadu Siaga Bencana berpusat di Lapangan Taruna Remaja, ata kita juga bisa melapor ke Polsek terdekat. Berikut untuk nomor telepon penting yang bisa dihubungi, BPBD Gorontalo (0435) 830911, PLN (0435) 123, Damkar (0435) 822602. (ryn)

Comments are closed.