Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Tanaman Porang Berpotensi Jadi Lahan Bisnis ekspor Yang Sangat Tinggi

GORONTALO UTARA – Tanaman Porang yang dulunya hanya dianggap sebagai tanaman biasa dan tidak memiliki manfaat, kini dinilai berpotensi menjadi bisnis ekspor yang bernilai jual tinggi bagi Provinsi Gorontalo pada umumnya dan Gorontalo Utara pada khususnya.

Saat diwawancara, Kepala Dinas Pertanian, Kisman Kuka mengatakan Gorontalo Utara merupakan satu satunya daerah yang antusias mengembangkan tanaman Porang.

“Daerah di Gorontalo Utara yang sudah memiliki lahan tanam ada di 4 kecamatan, yakni Biau, Gentuma Raya, Atinggola dan Kwandang,” lanjutnya.

Kisman juga menambahkan, tanaman porang di Gorontalo Utara memiliki ciri khas tersendiri.

“Sehingga itu mereka dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Gorontalo sangat tertarik untuk mengangkat Porang ini,” urainya.

Terkiat hal tersebut, Kisman menyatakan sepakat dengan diadakannya pelatihan bagi para penyuluh pertanian yang dilaksanakan oleh BPTP.

“Saya setuju dengan adanya pelatihan temu teknis penyuluh, dan hal ini akan ditindaklanjuti di Gorontalo Utara dengan mengundang masyarakat tani, agar budidaya tanaman Porang ini dapat berkembang di Gorontalo, khususnya Gorontalo Utara,” tutup Kisman. (Adv/suk)

Comments are closed.