Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Populasi Ternak Sapi Gorut Ditingkatkan untuk Dukung Percepatan Program BKSU

GORUT – Dinas Peternakan (Distanak) Kabupaten Gorontalo Utara, dalam rangka percepatan dukungan program Badan Kerjasama Utara-utara (BKSU) akan meningkatkan populasi ternak sapi.

Asrin Menu, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Gorontalo Utara, mengatakan target dari Kementerian Pertanian RI yang mengharapkan 4 Kabupaten pada BKSU menjadi pemasok ternak sapi diwilayah timur Indonesia, melalui program kerjasama ini dapat diwujudkan dengan mudah.

“Targetnya itu 1 juta ekor untuk 4 kabupaten yang ada, olehnya melalui BKSU ini kita berbagi porsi hal-hal apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan populasi ternak sapi”kata Asrin.

Dengan kerjasama itu, menurutnya empat kabupaten yang ada bisa  menargetkan masing-masing 250 ribu ternak. Namun, ia juga menerangkan untuk program peningkatan populasi dengan target 250 ribu di Kabupaten Gorontalo Utara akan menjadi program jangka panjang.

“Karena posisi populasi ternak sapi kita pertahun masih dibawah 50 ribu ekor, dan untuk jangka menengah kita melakukan peningkatan populasi ternak masyarakat melalui program kegiatan Inseminasi buatan, kawin alam, dan kesehatan hewan”terang Asrin.

Jika merujuk pada RT/RW Kabupaten Gorontalo Utara, dijelaskan Asrin hampir seluruh kecamatan yang ada mampu mendukung target percepatan populasi ternak sapi .

“Tapi untuk tujuan khusus pengembangan mini rangenya, kita ada di Kecamatan Tomilito dan Kecamatan Tolinggula”pungkasnya.(Adv/Aan)

Comments are closed.