Take a fresh look at your lifestyle.
Iklan Diatas Menu

Dinas Peternakan Kabupaten Gorontalo Utara Akan Pantau Lalu Lintas Ternak

GORONTALO UTARA – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo Utara rencananya akan melakukan pemantauan terhadap lalu lintas ternak, yang masuk dan keluar wilayah Gorontalo Utara. Hal tersebut dilakukan dalam rangka untuk memastikan ternak yang masuk keluar Gorontalo Utara, terperiksa di daerah perbatasan.

“Kami akan melakukan pemantauan di titik titik perbatasan, baik anatar Gorontalo Utara dengan Kabupaten Buol, dengan Kabupaten Gorontalo dan daerah perbatasan Bolmong Utara,” kata Kepala Dinas Peternakan Gorontalo Utara, Asrin Menu, Selasa (23/3/2021).

Lebih lanjut Asrin menambahkan, dalam melaksanakan pengawasan dan pemantauan ini, Dinas Peternakan Gorontalo Utara bekerja sama dengan Dinas Peternakan Provinsi Gorontalo dan instansi terkait.

“Pemantauan ini dilakukan bertujuan untuk memastikan ternak yang masuk dan keluar Gorontalo Utara itu terdata dan terperiksa di perbatasan, khususnya yang melewati jalur darat. Ini juga untuk mencegah terjadinya pencurian hewan ternak,” lanjutnya.

Selain itu, masih kata Asrin, pemantauan ini juga bertujuan untuk pencegahan penyakit menular, yang sifatnya zonosis dan bisa ditularkan ke manusia.

“Agar bisa dipastikan bahwa ternak yang finansial dan non finansial, harus dilengkapi dengan dokumen yang menjadi bukti bahwa ternak itu dalam keadaan sehat,” pungkasnya. (adv/stn)

Comments are closed.