Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati dan Wabup Pohuwato Jalani Adat Gorontalo Moloopu

POHUWATO – Mengawali tugas sebagai Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga jalani proses upacara kebesaran adat Gorontalo “Moloopu” di rumah dinas Bupati Pohuwato, Sabtu (27/2/2021). Ini merupakan momentum seorang pimpinan diterima secara adat sebelum menjalankan roda pemerintahan.

Saat memasuki rumah dinas Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga didampingi ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Pohuwato, Selvi Monoarfa diiringi lagu sanjungan sementara berjalan “saya nao nao” oleh pegawai sara yang dikawal oleh pasukan longgo serta dipandu genderang adat sampai di tangga adat.

Dalam sambutan, Saipul A Mbuinga menyampaikan bahwa bersama wakilnya, Suharsi Igiris, segera menjalankan tugas sebagai kepala daerah Pohuwato untuk emberikan pelayanan dan melakukan pembangunan untuk Kabupaten Pohuwato.

“Saya menjalani prosesi adat ini sebagai tanda bahwa saya dan ibu wakil Bupati akan segera melaksanakan pelayanan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan,” ucap Saipul A Mbuinga.

“Tentu dengan menjalankan pemerintahan ini tidak hanya ditentukan oleh kami di Pemerintah. tentu juga sangat ditentukan oleh peran lembaga lain seperti DPRD yang terhormat, lembaga Forkompinda, perguruan tinggi, mahasiswa, media, lembaga perbankan, BUMD, serta seluruh lapisan masyarakat dibumi Panua yang kita cintai,” lanjut Saipul

Dalam kesempatan itu, turut serta hadir perwakilan pemerintah Kota Gorontalo, Pemerintah daerah Gorontalo Utara dan Pemerintah Kabupaten Boalemo. Tampak hadir Bupati Pohuwato 2010-2021 Syarif Mbuinga, Ketua dan jajaran Anggota DPRD Pohuwato juga unsur Forkompinda Pohuwato.

Ditempat terpisah, proses upacara kebesaran adat Gorontalo “Moloopu”  selanjutnya juga dilakukan kepada wakil Bupati Pohuwato terpilih Suharsi Igirisa di rumah dinas wakil Bupati Pohuwato.(Nal)

Comments are closed.