Take a fresh look at your lifestyle.

Tahun 2021, Kementan Alokasi 4.099 Ton Pupuk Bersubsidi untuk Bone Bolango

BONE BOLANGO – Untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, Kabupaten Bone Bolango kembali mendapat alokasi pupuk bersubsidi dari Kementerian Pertanian (Kementan) Sebanyak 4.099 ton di tahun 2021 ini, dengan dibagi kedalam 5 jenis pupuk.

“Jadi pupuk bersubsidi ini dari pusat (Kementan) dan aturan mainnya pun semua dari sana, kami di daerah tinggal menjalankan saja. Alokasi pupuk itu di antaranya, urea sebanyak 2.194 ton, SP36 29 ton, ZA 48 ton, NPK 1.800 ton dan organik itu 28 ton,” demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Bone Bolango, Roswaty Agus, Sabtu (16/01/2021).

Kemudian, Roswaty juga menjelaskan bahwa pupuk bersubsidi tersebut akan disalurkan kepada para petani atau kelompok tani  melalui 7 kios tani yang ada di Bone Bolango.

“Nantinya ini akan ditebus oleh petani di kios-kios tani yang telah kami data dengan menggunakan kartu tani. Dan pupuk subsidi ini hanya 80 persen yang ditanggung pemerintah sisanya itu dibebankan kepada petani,” ujarnya

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Bidang Prasarana dan Saran Pertanian (PSP) Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Rina Tayeb menambahkan untuk alokasi kebutuhan pupuk disetiap kecamatan itu berbeda-beda, ini berdasarkan dari luasan lahan kecamatan tersebut.

“Kita membaginya secara proposional berdasarkan luasan lahan makanya kita itu membuat Penerapan sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) untuk menyalurkan pupuk subsidi. Dengan sistem ini, penyelewengan pupuk subsidi bisa diminimalisir,” kata Rina Tayeb.(Jar)

Comments are closed.