Take a fresh look at your lifestyle.

Suwawa Selatan Disiapkan Jadi Kawasan Pertanian Terpadu

BONE BOLANGO – Dusun Gindapi, Desa Bonawuna di Kecamatan Suwawa Selatan akan disiapkan menjadi kawasan pertanian terpadu. Pisang, menjadi salah satu tanaman buah yang akan dikembangkan lahan pertanian tersebut.

Desa Bondawuna, Kata Bupati Bone Bolango,Hamim Pou memiliki lahan pertanian yang cukup memadai untuk pengembangan kawasan pertanian.

“Di Dusun Gindapi ini mempunyai potensi pertanian terpadu sekitar 750 hektar” kata Hamim Pou

Untuk tahap selanjutnya, Hamim Pou mengungkapkan akan mengurus izin pinjam pakai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sebab, menurutnya lahan itu termasuk dalam kawasan hutan produksi terbatas.

“Ini sebenarnya rencananya sudah lama. Kami sudah buat DED (Detail Engineering Design) untuk peternakan tapi untuk kali ini kita akan tambahkan dengan lahan penanaman pisang lebih kurang 200 hektare,” ucap Hamim.

Menurut Hamim di Desa Bondawuna,selain memiliki lahan yang potensial juga sudah mempunyai irigasi yang bagus untuk mendukung kebutuhan air di kawasan tersebut.

“Dan mudah-mudahan lahan yang luar biasa ini akan berkembang karena sudah mempunyai irigasi yang bagus yaitu irigasi gindapi di kawasan ini,” ungkap Hamim

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango Roswaty Agus berharap perencanaan yang sudah direncanakan sejak lama ini bisa dapat terwujud.

Roswaty Agus juga mengatakan akan mengembangkan komoditas porang yang sekarang ini banyak diminati oleh masyarakat.

“Tidak menutup kemungkinan juga di Dusun Gindapi ini akan dikembangkan komoditas porang yang banyak diminati oleh masyarakat,” tutupnya.(Jar)

Comments are closed.