Take a fresh look at your lifestyle.

KPU Bone Bolango Gelar Bimtek Pengunaan Aplikasi Sirekap

BONE BOLANGO – Menjelang hari pemungutan suara pilkada serentak 2020, KPU Kabupaten Bone Bolango terus memantapkan bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi Sistem Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) bagi PPK, PPS, dan KPPS. Bimtek yang dilaksanakan sejak 29 November hingga 1 Desember 2020 ini dilakukan menyusul keluhan dari anggota KPPS yang masih mengalami kesulitan dalam mengakses aplikasi tersebut.

“Memang, kenapa tidak bisa mengakses yaitu kendalanya dijaringan. Karena ini digunakan secara serentak di 270 daerah yang melaksanakan pilkada serentak,” kata anggota KPU Bone Bolango, Sofyan Djama.

Ia menegaskan bimtek juga bertujuan agar pada hari pemungutan suara, para anggota KPPS tidak mengalami kesulitan saat melakukan penginstalan dan memasukkan data.

“Jadi diawal ini dari tanggal 29 november sampai tanggal 1 desember kita mendapat pelatihan dari KPU RI, sampai Sirekap ini sudah benar-benar bisa dipakai pada waktu pemungutan suara,” lanjut sofyan

Sementara itu, untuk daerah yang belum tersentuh jaringan internet, ia mengatakan KPU diberikan prosedur tersendiri dalam menggunakan aplikasi Sirekap ini.

“Untuk wilayah Pinogu itu kita tahu belum ada jaringan internet. Jadi kita sudah bahas untuk penggunaannya bisa dilakukan offline dulu, nanti selesai pemungutan PPK, PPS dan satu orang KPPS beserta Panwas dan Saksi-Saksi mereka akan turun ke wilayah yang memiliki jaringan internet,” tutup Sofyan.(Jar)

Comments are closed.