Take a fresh look at your lifestyle.

Rompi Khusus hingga Denda Siap Menunggu Pelanggar Prokes di Pohuwato

POHUWATO – Sekretaris Satuan Tugas (satgas) covid-19 Kabupaten Pohuwato,  Ramon Abjul menegaskan akan melakukan operasi yustisi dalam penegakan disiplin protokol kesehatan bagi masyarakat.

“Jadi memang kita di Pohuwato akan melaksanakan operasi.Dan memang sebelumnya kita sudah melakukannya pada malam kamis kemarin, operasi kedua malam minggu ini,” Kata Ramon Abjul, Jumat (20/11/2020)

Namun demikian, dalam operasi penegakan disiplin protokol kesehatan dan pemberian hukum efek jera, Pemkab Pohuwato masih menunggu standar operasional prosedur (SOP) dari Provinsi Gorontalo.

“Tetapi untuk melakukan operasi kita tetap menunggu SOP yang akan dikeluarkan oleh Pemprov Gorontalo, kapolda dan danrem,” terang Ramon

Dijelaskan, Satgas Covid-19 telah menyediakan rompi khusus untuk pelanggar protokol kesehatan. Tidak cukup sampai disitu, pelanggar akan diangkut dengan mobil operasional polisi dan dilakukan pendataan lebih lanjut di kantor kepolisian.

“Kita sudah siapkan rompi. jadi setiap yang melanggar akan dipakaikan rompi yang bertuliskan saya pelanggar prokes. ketika dia tidak memakai masker, maka diperintahkan keluarganya untuk mengantarkan masker. Orangnya akan dibawa ke kantor polisi untuk diperiksa data agar mereka akan timbul efek jera,” jelas Ramon

Selain itu, bagi pelanggar disiplin akan dikenakan  denda sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Ramon menyatakan denda tersebut sebagai langkah terakhir yang akan diambil kepada pelanggar prokes.

“Denda itukan langkah terakhir bagi yang melanggar.Mungkin sebelum denda, akan diberikan kerja kerja sosial, seperti membersihkan masjid atau tempat umum. jika sudah berulang ulang di data muncul nama yang sama maka akan diberlakukan denda,”Ungkap Ramon

Diketahui, Kabupaten Pohuwato saat ini telah masuk dalam zona hijau. Kepada masyarakat Ramon berharap agar tetap patuhi anjuran pemerintah daerah dalam menjaga kebiasaan memakai masker, jaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Jadi kita tetap waspada. tetap mempertahankan operasi ini memastikan masyarakat terhindar dari Covid19. minimal tiga yang dilakukan, memakai masker, jaga jarak dan menghindari kerumunan,” harap Ramon.(Nal)

Comments are closed.