Take a fresh look at your lifestyle.

BPBD Pohuwato Salurkan Bantuan Korban Banjir di Patilanggio

POHUWATO – Pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pohuwato saat ini akan menyerahkan paket bantuan bahan pokok untuk masyarakat yang terdampak banjir yang terjadi, Rabu (16/9), di Kecamatan Patilanggio

“Sekarang bantuan pemerintah sementara kita paketkan dan segera diserahkan. Paket bantuan yang ada berupa beras, supermi, minyak, ada gula, susu. sesuai dengan batas kemampuan, karena ini sudah injury time,” kata Ramon Abjul Kepala BPBD Pohuwato, Kamis (17/9/2020).

Ramon menjelaskan, saat ini kondisi airnya sudah tidak menggenangi wilayah perkampungan. Kurang lebih 198 kepala keluarga atau 507 jiwa yang terdampak banjir tersebut akan diberikan bantuan bahan pokok makanan.

“Alhamdulillah airnya sudah surut, itu karena air hujan yang cukup deras. tapi perlu saya sampaikan yang terdampak banjir kemarin itu kurang lebih ada 198 kepala keluarga atau 507 jiwa yang terdampak. Dan hari ini kita akan salurkan bantuan sembako sekedar perhatian pemerintah terhadap masyarakat yang semalam terdampak banjir,” ungkap Ramon.

Menurutnya, penyebab utama penyebab banjir di Kecamatan Patilanggio, yaitu curah hujan dengan intensitas yang tinggi, sehingga sungai utama yang harusnya mengaliri air sampai ke muara, tidak mampu menampung debit air yang mengalir, termasuk jaringan drainase yang tidak terpelihara sehingga terjadi penyumbatan saluran air.

“Banjir itu disebabkan curah hujan yang tinggi, sungai yang di dekat situ meluap secara tiba-tiba tapi dia cepat juga surutnya. ini lokasi langganan banjir makanya dia perlu penanganan yang serius, perlu dibuat lagi pelebaran sungai, pembuatan tanggul dan memperbaiki drainase, itu karena air yang tersumbat dan penampang sungai yang kecil,” jelas Ramon.

Kedepan, Dia berharap, hal ini menjadi evaluasi bersama untuk tidak terjadi lagi. Perbaikan aliran sungai utama dan drainase menjadi perhatian utama pemerintah. Kepada masyarakat khususnya kecamatan Patilanggio, agar lebih waspada jikalau terjadi hal yang tidak diinginkan. Terutama mengevakuasi diri ketempat yang lebih aman dari jangkauan banjir.

“Untuk itu kami mengharapkan kepada masyarakat sekitar khususnya Patilanggio rawan banjir, untuk itu ketika cuaca tidak bersahabat, gejala gejala hujan yang cukup serius, maka diharapkan maka diharapkan masyarakat untuk segera mengevakuasi diri sebelum terjadi bencana lain,” harap Ramon. (nal)

Comments are closed.