Take a fresh look at your lifestyle.

Kembangkan Potensi Desa, Pasangan SMS Fokus Infrastruktur Jalan

POHUWATO – Komitmen mengembangkan potensi desa, pasangan Saipul A Mbuinga dan Suharsi Igirisa atau pasangan SMS, bakal calon Bupati dan Wabup Pohuwato fokus optimalkan infrastruktur jalan desa dan jalan tani.

Menurut Vikram Akay, penanggung jawab infrastruktur tim SMS, salah satunya Desa Karya Baru Kecamatan Dengilo, akan dipersiapkan menjadi kawasan wisata buah.  Peningkatan akses jalan mulai dilakukan dan dikerjakan swadaya oleh tim pasangan SMS. Kurang lebih 3 kilometer panjang jalan yang dilakukan penimbunan baik jalan utama desa maupun jalan jalan pertanian.

“kita optimalkan potensi desa, kurang lebih 3 kilometer panjang jalan yang ditingkatkan aksesnya untuk diperbaiki. Rencana pak Saipul, Desa Karya Baru akan dijadikan desa wisata buah dan itu jadi salah satu program pak Saipul dalam mengembangkan potensi desa,” kata Vikran Akay, Rabu (16/9/2020).

Tidak sedikit masyarakat sekitar merasa bangga, bahkan pekerjaan swadaya tersebut disambut apresiasi oleh masyarakat desa Karya Baru. Pasalnya saat ini seluruh anggaran yang bersumber dari APBD maupun APBDes untuk pekerjaan maupun pengadaan perbaikan jalan dialihkan untuk penanganan Covid19.

“Ya, itukan biaya sendiri, anggaran mana yang akan diambil? desa sudah pasti tidak anggarkan itu. Memang saat ini kan lagi Pilkada, masyarakat butuh bukti, dan ini kenyataan yang ada, tentu kita sangat terbantu,” kata Umar, salah satu masyarakat Desa Karya Baru, saat dihubungi Rabu (16/9/2020).

Secara letak geografis Desa Karya Baru Kecamatan Dengilo merupakan kawasan strategis untuk dikembangkan menjadi satu lokasi destinasi wisata buah. Tercatat keseluruhan wilayahnya merupakan kawasan pertanian, dan telah dibudidayakan untuk tanaman buah-buahan. (nal)

Comments are closed.