Take a fresh look at your lifestyle.

Kiat Bisnis Kuliner Ilabulo di Tengah Pademik Covid-19

KOTA GORONTALO – Siapa yang tidak mengenal Ilabulo? salah satu makanan khas Gorontalo yang berbentuk seperti pepes. Bentuknya yang panjang, serta teksturnya yang agak padat, dan dibungkus dengan daun pisang, tapi lembut ketika dimakan.

Makanan khas Gorontalo ini, banyak diminati oleh masyarakat Gorontalo pada umumnya. Tapi kenyataannya, banyak pula orang dari luar daerah datang ke Gorontalo hanya untuk melihat, dan merasakan kenikmatan dari makanan Ilabulo itu seperti apa.

Ada satu lokasi, yang terkenal dengan makanan khas Ilabulo ini, tepatnya di Jalan Diponegoro, Kecamatan Kota Selatan.

“Pernah juga ada artis tanah air yang datang ke Gorontalo untuk melihat proses pembuatan ilabulo, serta mencicipinya. Namanya Fevi Hermawan atau yang akrab disapa Peppy,” ungkap Oma Cici salah seorang pedagang Ilabulo Jln. Diponegoro, Sabtu (12/09/2020).

Di tempat ini, harga Ilabulo terbilang murah. Hanya dengan menggocek Rp. 5.000 rupiah kita bisa menikmati  menu Ilabulo biasa, dan Rp. 7.000 ribu rupiah untuk menu Ilabulo spesial.

Namun, ditengah Pandemik Covid-19, bisnis kuliner Ilabulo juga terkena imbas, terutama berkurannya warga yang membeli. Pasalnya, makanan khas ini, banyak diminati warga pendatang atau tamu yang sedang melakukan perjalanan ke Gorontalo.

Saat belum ada wabah Corona, tentu para tamu dari luar daerah akan memilih Ilabulo sebagai ole-ole untuk dibawa pulang kedaerah mereka.

Adanya wabah Corona, tidak membuat Oma Cici patah semangat. Dirinya mencari solusi agar Ilabulo tetap terjual dan bisa dinikmati warga di luar Gorontalo.

“Caranya, Saya menyediakan orderan untuk pembelian di luar daerah. Jadi kalau ada yang pesan dari luar, itu saya kirim Ilabulonya ke sana,” jelas Oma Cici.

Oma cici menjamin, Ilabulo yang dikirim ke luar daerah dipastikan tidak akan basi, dia bisa bertahan dua sampai tiga hari. Itulah keistimewan makanan khas Gorontalo, Ilabulo ini. Makanan ini bisa bertahan dua hingga tiga hari tanpa dimasukan kedalam lemari pendingin. Tak heran pengiriman Ilabulo ke luar daerah bisa  500 sampai 1.000 picis. (rsb)

Comments are closed.