Take a fresh look at your lifestyle.

Pengelola Ponpes Sabrun Jamil Diminta Membuat Laporan Kerusakan Akibat Banjir

GORONTALO – Yeyen Sidiki, selaku aleg Deprov Gorontalo dari Dapil II Kabupaten Bone Bolango menyarankan pengelola Pondok Pesantren Sabrun Jamil, yang ada di Kecamatan Botupingge segera membuat laporan fasilitas apa saja yang rusak akibat musibah banjir untuk disampaikan ke Pemerintah Daerah.

“Memang pengelolaan dari Ponpes ini masih menjadi tanggung jawab dari Pemerintah Daerah, untuk itu kami menyarankan agar mereka segera membuat laporan fasilitas yang rusak akibat banjir” Ungkap Yeyen.

Hal tersebut disampaikannya saat reses bersama Tim Reses Deprov Gorontalo dari Dapil II, untuk meninjau lokasi terdampak banjir di Pondok Pesantren Sabrun Jamil yang ada di Kecamatan Botupingge (Kamis, 9/07/2020).

Yeyen mengatakan akan berupaya agar  penanganan banjir pada daerah aliran sungai yang berada dekat dengan pondok pesantren tersebut.

“Satu-satunya yang bisa meminimalisir dampak dari banjir ini bagaimana mengatur kembali daerah aliran sungai bone ini, agar tidak meluap lagi. Dan itu kami sudah membahasnya dengan tim teknis dari BWS” Jelas Yeyen.

Ia punb mengimbau agar Pemkab Bone Bolango agar segera menertibkan aktivitas penambangan pasir yang menambang pasir di bantaran sungai Bone.

“Aktivitas penambang pasir juga merupakan salah satu masalah yang mengakibatkan banjir, maka dari itu kami imbau agar pemerintah daerah bisa menertibkannya. Sekalipun dibuatkan tanggul ataupun bronjong pasti akan rusak akibat pendangkalan sungai yang ketika air melimpah justru membawa lumpur yang akan merobohkan tanggul yang dibuat” Tutup Yeyen.(Adv-KT10)

Comments are closed.