Take a fresh look at your lifestyle.

Lestarikan Kearifan Budaya Lokal, Desa Karangsono Gelar Tradisi Bersih Desa

BLITAR – Tradisi Bersih Desa biasanya identik dengan pagelaran Wayang Kulit, sebagai bentuk rasa syukur atas terciptanya masyarakat desa yang guyup, rukun, dan damai sejahtera.

Seperti halnya Desa Karangsono, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, yang menggelar acara Bersih Desa, bertempat di Kantor Desa Karangsono, pada Jum’at malam (03/07/2020).

Dalam sambutannya Kepala Desa Karangsono, Tugas Nanggolo YDP mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat dan tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.

“Kegiatan ini kami laksanakan sangat sederhana, karena di tengah pandemi Covid 19 yang semuanya harus mengacu standar protokol kesehatan,” kata Tugas Nanggolo.

Selain itu, lanjut pria yang akrab disapa Bagas itu menambahkan, kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Karangsono, juga untuk menjaga kearifan budaya lokal.

“Bersih desa ini kami wujudkan dengan kenduri dan Do’a bersama, yang dihadiri oleh masyarakat Karangsono, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, juga ikut hadir jajran pemerintah sekecamatan Kanigoro,” sambungnya.

Ia juga mengharapkan, momen seperti ini terus dilaksanakan setiap tahun agar tradisi seperti ini tidak punah, serta sebagai perwujudan rasa syukur atas rahmat dan keberkahan yang diberikan. (Nur)

Comments are closed.