Take a fresh look at your lifestyle.

Jadi Percontohan, Kampung KB Desa Iloheluma di Evaluasi

POHUWATO – Dinas P3AP2KB Pohuwato dan BKKBN Provinsi Gorontalo melakukan evaluasi terhadap Kampung KB Desa Iloheluma Kecamatan Patilanggio. Dimana sejak tahun 2019, Desa Iloheluma ditetapkan sebagai kampung percontohan dari 26 kampung KB yang ada di Pohuwato.

“Ya, diseluruh kabupaten/kota ditetapkan 1 desa percontohan, sehingga itu di Kabupaten Pohuwato ditunjuklah Desa Iloheluma. Tindak lanjutnya di seluruh kecamatan saat ini sudah ada 26 kampung KB, yaitu 2 desa di tiap kecamatan,” kata Plt. Kepala DP3PA2KB, Rusmiati Pakaya, Kamis (2/7/2020).

Dipilihnya Desa Iloheluma sebagai percontohan karena suport pemerintah desa, disertai dukungan TP PKK Desa dan TP PKK Kecamatan. Karena menjadikan satu desa jadi desa percontohan itu tidak hanya PLKB dan unsur BKKBN yang bekerja, namun kolaborasi dari semua unsur terutama unsur pemerintah desa.

Kampung KB dibentuk, lanjut Rusmiati, dengan maksud ada kolaborasi program lintas OPD dan dukungan berbagai pihak. Semua program endingnya menciptakan masyarakat kecil, bahagia, dan sejahtera.

“Harapannya kedepan adalah generasinya pohuwato yang ada di Desa Iloheluma berkualitas, cerdas, terpenuhi gizinya, sehingga akan tercipta generasi-generasi emas yang ada di pohuwato. Olehnya itu, pemenuhan gizi ibu hamil, pemberian ASI esklusif kepada ibu menyusui, pelayanan di fasilitas kesehatan untuk pemeriksaan ibu hamil, sampai dengan melahirkan itu sesuai dengan standar keehatan,” tutupnya. (KT11)

Comments are closed.