Take a fresh look at your lifestyle.

Angka Stunting Masih Tinggi, Ini Permintaan Sekda Kabupaten Gorontalo

LIMBOTO – Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Hadijah U. Tayeb mengatakan bahwa stunting di Kabupaten Gorontalo sangat tinggi. Untuk itu Hadijah berharap stunting di Kabupaten Gorontalo menurun sampai di titik nol persen.

Hal ini di sampaikan Hadijah usai menghadiri kegiatan orientasi peningkatan kapasitas pengelola proyek prioritas nasional melalui promosi pengasuhan 1000 HPK dalam penurunan stunting tingkat Kabupaten Gorontalo, Selasa (30/06/2020).

Dalam kegiatan ini dihadirkan 10 desa yang masih memiliki masalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama atau disebut dengan stunting.

” Pada tahun kemarin angka stunting  dikita itu sangat tinggi,  alhamdulillah turun 75 persen, kemudian turun lagi 40,2 persen dan sekarang turun 10,7 persen. Kita berharap ini bisa turun lagi , semoga bisa sampai di titik nol ” Kata Hadijah.

Untuk itu kata ia menyebut harus ada kerjasama dari kepala desa  dan instansi seperti kependudukan , keluarga berencana, dinas kesehatan untuk bisa menangani stunting.

” Dan yang paling penting adalah merubah perilaku dari kebisaan kemudian memahami kandungan gizi yang di konsumsi oleh ibu maupun balita itu sendiri”Ujarnya.

Selain itu Hadijah mengatakan perilaku hidup sehat menjadi salah satu penunjang untuk mengatasi stunting.

” Ketiga adalah kebiasaan hidup sehat, kalau semua ini kita lakukan insya allah stunting ini bisa teratasi. Kalau kita lihat hidup sehat itu tidak harus yang mahal tetapi dengan kita memanfaatkan lingkungan, dengan demikian kita bisa mengatasi gizi keluarga itu dengan baik. “Ungkapnya.(Adv-KT09)

Comments are closed.