Take a fresh look at your lifestyle.

Bongohulawa akan Jadi Kawasan Budidaya Bongo Pini di Kabupaten Gorontalo  

LIMBOTO – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo akan menjadikan Kelurahan Bongohulawa sebagai kawasan budidaya kelapa kuning (Bongo Pini). Hal itu diungkapkannya saat menghadiri kegiatan penanaman kelapa kuning yang diinisiasi oleh pemerintah Kelurahan Bongohulawa dan Komunitas Kambungu Beresi (Kambers).

“Dengan gerakan kambers saya senang juga karena ini dilakukan secara berkelanjutan bahkan hari ini kita mencanangkan bongo pini dan nantinya dibantu oleh pertanian, Bongohulawa ini menjadi iconnya adalah bongo pini “Jelas Nelson

Mantan Rektor UNG itu berencana kelapa jenis bongo pini akan ditanam secara massif sehingga akan menunjang untuk dijadikan kawasan wisata.Apalagi di kelurahan itu telah terdapat lokasi perkemahan dan sirkuit.

“Tempat ini menjadi tempat pariwisata ada perkemahan, ada kampung kelapa , sirkuit sehingga orang yang datang melihat ada estetikanya serta ada nilai ekonomis, sambil ini juga sebagai pelestarian budaya karena kelapa ini termasuk kelapa adat di Gorontalo “. Ujarnya

Sementara itu, Kepala Kelurahan Bongohulawa, Wijaya Mobonggi mengatakan penanaman pohon kelapa kuning (bongo pini) itu merupakan ciri khas Bongohulawa.

“Ini menjadi ciri khas dari kelurahan bongohulawa , karena bongohulawa itu identik dengan Bongo Pini atau kelapa kuning. “Ungkapnya.(Adv-KT09)

Comments are closed.