Take a fresh look at your lifestyle.

Dosen Kedokteran UNG : Ada 6 Perilaku Bisa Pengaruhi Imun Tubuh

UNG – Dosen kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Dr. Irvan Virnanda Amu mengatakan sistem imun pada tubuh manusia dalam mencegah terjangkit virus corona terdiri dari 4 perilaku dalam kehidupan sehari – hari.

Yang pertama ia menyebut kurang tidur dapat menekan fungsi sistem kekebalan pada tubuh manusia.

“Menurut penelitian kurang tidur pada individu tertentu, meningkatkan kerentanan terhadap infeksi. Jadi, orang kurang tidur suka begadang itu daya tahannya berkurang” Ujar Dr. Irvan saat live streaming di Fanpage UNG. Selasa, (02/06/2020).

Diketahui, semakin tidur malam lebih dini, semakin besar kemungkinan untuk mengurangi kemampuan tubuh untuk merespons pilek atau infeksi bakteri.

Dr. Irvan mengungkapkan tidak hanya kurang tidur, tetapi perilaku yang ke Dua yakni diet. Diet yang sering dilakukan orang untuk menurunkan berat badan juga dapat mengakibatkan penurunan sistem imun tubuh yang dapat mudah terinfeksi virus atau bakteri.

“Pada devisiensi nutrisi tertentu misalnya zinc selenium, tembaga, atau vitamin A, B, C, D diketahui dapat mengurangi sistem imun” Ungkap Dr. Irvan

Yang ke tiga ia mengatakan paling penting menghindari merokok yang dapat mengakibatkan infeksi saluran pernafasan yang dapat mengganggu imun tubuh.

Lalu yang keempat, Dr. Irvan mengatakan bahwa hindari berita hoax juga dapat menimbulkan stres piskologi manusia dan berakibat menimbulkan ketakutan, sehingga imun tubuh menerima respon menjadi tidak stabil dan dapat menurun.

lebih jauh ia mengatakan yang kelima adalah minum – minuman beralkohol dalam jumlah yang berlebihan. Perilaku itu dapat menurunkan sistem imun dengan mengurangi pembetukan makrovag, netrofil dan limfosit dalam tubuh manusia.

Dan yang terakhir yakni menjaga kebersihan seperti, mencuci tangan, mengganti pakaian sehabis bepergian ketika sesampai di rumah dan mandi untuk menjaga tubuh dari mikroorganisme yaitu organisme yang berukuran sangat kecil.(Adv-KT08)

Comments are closed.