Take a fresh look at your lifestyle.

Wiwin Darise, Anggota Bhayangkari Yang Sukses Setelah Jatuh Bangun Merintis Usaha

GORONTALO – Kesuksesan seseorang akan bernilai lebih ketika bisa bangkit kembali dari kegagalan. Sama seperti sosok Wiwin Darise, wanita kelahiran 31 tahun lalu yang kini menjabat sebagai Direktur Utama PT. Mitra Mandiri Finance tersebut, juga pernah merasakan jatuh terpuruk dalam merintis usahanya.

Mengawali usaha dengan berjualan baju di tahun 2011, Wiwin berkeliling dengan menggunakan sepeda motor mengantarkan baju pesanan para pelanggannya.

“Saya awalnya hanya berjualan baju kredit, berkeliling dengan motor untuk menemui konsumen di tahun 2011. Setahun kemudian saya buka toko, itupun tokonya di rumah saya,” kata Wiwin.

Seiring berjalannya waktu, ibu dua anak ini pun mulai membuka usaha koperasi di tahun 2012. Namun, melihat kondisi pasar yang lebih menyukai barang import, istri Bripka Muhtar yang betugas di Polsek Telaga ini pun mengembangkan unit usahanya dengan membuka Zeslyn Furniture dan Jasa Titip (Jastip).

“Melihat pangsa pasar yang menyukai barang import seperti Ikea, Informa dan Ace Hardware, sehingga saya memutuskan untuk membuka Zeslyn Furniture di tahun 2016,. Karena saya hobby traveling dan banyak teman-teman yang titip pesan barang, saya jadikan itu peluang bisnis dan mulailah saya kembangkan menjadi Jasa Titip (Jastip) barang,” lanjutnya.

Untuk mendukung unit usaha Jastip barang miliknya, Wiwin pun mendirikan perusahaan ekspedisi, yang khusus melayani pengiriman barang furniture yang dipesan melalui Jastip miliknya.

Saat usaha Jastip miliknya sudah mulai berkembang, tiba-tiba Wiwin mendapat kabar Ace Hardware dan Informa akan membuka cabang di Gorontalo. Tentu hal ini secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap usaha jastip miliknya, karena barang-barang yang dipesan para konsumen akan hadir di Gorontalo.

“Saya sempat down saat mendengar kabar Ace Hardware dan Informa akan membuka cabangnya di Gorontalo. Sehingga saya memutuskan untuk membuka usaha pembiayaan, yaitu Mitra Mandiri Finance di akhir tahun 2019. Jadi jika masyarakat ingin beli barang di informa, Ace Hardware atau toko manapun bisa saya bantu membiayai,” ungkap Wiwin.

Kini, Wiwin sudah bisa mulai menikmati hasil kerja kerasnya selama ini. Jatuh terpuruk di masa lalu dijadikan pengalaman kedepan.

“Pertama kali menekuni usaha ini bukan langsung di angka 10, saya pernah mencoba lalu jatuh, mencoba lagi tetap jatuh lagi, dan alhamdulillah sampai di titik ini. Pengalaman di masa lalu seperti di tipu orang dan lainnya, saya jadikan pelajaran untuk kedepan,” tutupnya.

Wiwin kini memiliki ratusan nasabah dan 30 orang karyawan dibawah perusahaan yang dipimpinnya, PT. Mitra Mandiri Finance. Dimana dalam waktu dekat ini, perusahaan yang dipimpinnya akan membuka cabang di Limboto (Kabupaten Gorontalo), Tapa (Bone Bolango) dan Kotamobagu (Bolaang Mongondow). (idj)

Comments are closed.