Take a fresh look at your lifestyle.

Kemenkes dan BPOM Setuju Gorontalo Lakukan Pemeriksaan Spesimen Covid 19

KOTA GORONTALO  – Kementerian Kesehatan dan BPOM RI setuju Gorontalo melakukan pemeriksaan specimen covid-19. Hal itu diharapkan bisa mempercepat deteksi penyebaran virus corona di daerah.

“Kita akan manfaatkan laboratorium BPOM untuk tes PCR. Sudah keluar izinnya, insyaallah satu dua hari ini sudah bisa dimanfaatkan,” Kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangana covid-19, Rusli Habibie, Senin (13/4/2020).

Untuk fasilitas laboratorium dan tenaga medis di BPOM kata Rusli sudah cukup baik. Meski demikian masih ada beberapa fasilitas gedung yang memerlukan pembenahan. Pemprov Gorontalo siap membantu untuk percepatan perbaikan fasilitas tersebut.

“Tenaga operatornya juga sudah siap. Cuma ada ruangan kurang lebih Rp800 juta kita benahi ruangannya dan ada alat-alat yang lain. Fasilitasnya bisa memeriksa 100 spesimen setiap hari,” imbuhnya.

Tes PCR atau Polymerase Chain Reaction merupakan uji laboratorium spesimen untuk memastikan seseorang positif corona atau tidak. Selama ini, pemerintah provinsi masih mengandalkan laboratorium di Makassar untuk test PCR atau swab test.

Beberapa kendala yang dihadapi yakni hanya ada dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan City Link yang bisa digunakan untuk pengiriman sampel. Penerbangan ke Makassar yang tidak sering akibat dampak corona juga menjadi hambatan tersendiri.

Gubernur Rusli menyebut saat ini sudah ada 78 sampel yang dikirim ke Makassar. Hasilnya 46 negatif, satu positif dan sisanya 31 masih menunggu untuk diperiksa. (Adv)

Sumber : Humas Pemprov Gorontalo

Comments are closed.