Take a fresh look at your lifestyle.

52 Warga Saritani Ikut Pelatihan Diversifikasi Pangan Lokal Melalui Program GEF–SGP

BOALEMO – Sebanyak 52 warga di Desa Saritani, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo mengikuti Pelatihan Diversifikasi Pangan Lokal di UPT SP3 Pabuto. Kegiatan yang berlangsung 4-5 Maret 2020  merupakan pelatihan yang diinisiasi oleh Kelompok mitra lokal (Marsudi Lestantun) dan lembaga host Jaring Advokasi Pengelolaan Sumber Daya Alam (Japesda) melalui program GEF–SGP.

Ahmad Bahsoan selaku koordinator program mengatakan pelatihan itu bertujuan melatih kelompok masyarakat khususnya perempuan dalam memanfaatkan sebagian hasil kebunnya melalui diversifikasi pangan menjadi berbagai olahan produk.

“Hal ini untuk mengurangi ketergantungan konsumsi produk impor dan sebagai usaha alternatif ekonomi untuk mencapai kedaulatan pangan Indonesia khususnya di SP3 Pabuto “ Imbuhnya.

Ahmad mengatakan pelatihan merupakan rangkaian kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya oleh mitra lokal Marsudi Lestantun dan JAPESDA melalui Program GEF-SGP di Gorontalo, mulai dari penerapan terasering di lahan miring, serta pembibitan dan penanaman bibit tanaman buah dan kayu.

“Harapannya dengan adanya pelatihan diversifikasi pangan lokal ini dapat memanfaatkan hasil kebun masyarakat menjadi berbagai olahan makanan untuk dikonsumsi di tingkat lokal dan sebagai tambahan penghasilan bagi perempuan di SP3 Saritani “ Urainya.

Sementara itu,   Kepala UPT SP3 Pabuto, David menyampaikan terima kasih kepada JAPESDA yang sejak awal telah mendampingi para petani khususnya dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“ Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut dan menjadi pembelajaran bagi masyarakat lainnya yang ada di SP3 Pabuto “ Harapnya. (Rls)

Comments are closed.