Take a fresh look at your lifestyle.

Lima Strategi Bupati Gorontalo Tingkatkan Pendapatan Daerah

LIMBOTO – Penerimaan Pajak dan Retribusi Kabupaten Gorontalo tahun 2019 terus mengalami kenaikan. Kenaikan penerimaa pajak itu terjadi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Meski mengalami kenaikan namun Bupati Gorontalo,Nelson Pomalingo mengatakan masi ada beberapa bidang lain yang belum maksimal dan ada jyang justru mengalami penurunan pendapatan.

“Ada beberapa yang belum maksimal dan ada juga turun. Dan inilah yang kita Evaluasi,” kata Nelson usai evaluasi penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah tahun 2019 di Gedung Kasmat Lahay, Selasa (14/01/2020).

Untuk memperbaiki pendapatan daerah maka Nelson memberikan 5 solusi yang akan dilakukan untuk meningkatkan pendapatan daerah.

“Maka saya sudah sampaikan 5 solusi, yang pertama data harus akurat, yang kedua sistem pelayanan yang cepat,” katanya.

Menurut Nelson sistem pelayan yang cepat akan mudah dijangkau oleh masyarakat. Baik menggunakan sistem konvensional atau menggunakan sistem digital untuk mendekatkan wajib pajak.

“Kemudian yang ketiga yang diperlukan adalah Sumber Daya Manusia (SDM), pembenahan SDM,” ujar Nelson.

Pembenahan SDM, kata Nelson penting dilakukan untuk melakukan penggalian dana dan mengembangkan potensi baru yang dapat dikembangkan.

Yang keempat dikatakan Nelson adalah membuat lembaga baru yang fokus dalam melakukan penggalian dan pencarian dana.

“Di 2021-2026 melalui RPJMD yang baru, bahwa kita membentuk OTK yang baru yaitu dinas pendapatan sehingga benar-benar ada dinas yang mencari uang yang menggali dana untuk pembangunan daerah,” jelasnya.

Langkah yang terakhir dikatakan Nelson adalah dengan pengawasan yang dilakukan secara berjenjang,baik secara internal dan juga melibatkan aparat.(Adv-IYS)

Comments are closed.