Take a fresh look at your lifestyle.

Bimbingan Teknik Manajemen Keuangan Untuk Pengusaha Kecil

GORONTALO – Bertempat di Aula Kantor PLUT-KUMKM Provinsi Gorontalo dilaksanakan  Kegiatan bimbingan teknis peningkatan kualitas produk KUMKM (Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

Bimbingan teknis ini dibuka Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi  Gorontalo,  M Nadajamudin.

Menurut M Nadajamudin bimbingan teknis ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemberdayaan UKM  agar mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM ) yang terampil dan profesional dialam pengelolaan keuangan usaha.

“Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini sangat besar apalagi pendapatan dari usaha mikro kecil dan menengah cukup menjanjikan. Salah satunya dengan cara membuat pembukuan yang baik,” kata M Nadjamuddin, Rabu (26/6/2019).

M Nadjamuddin menilai salah satu kelemahan UMKM dan UKM sejenis adalah minimnya pengelolaan keuangan, padahal mengelola keuangan usaha ini sangat vital bagi tumbuh kembangnya UMKM pada masa-masa awal.

“Kami harapkan peserta  bimtek ini dapat memahami cara pengelolaan keuangan yang baik, tak jarang keuangan usaha bercampur dengan keuangan pribadi, pemasukan dan pengeluaran pun tidak dibukukan tetapi hanya diingat,” papar Kepala Bidang UMKM , Lyla Ramziah Laya.

Ia memberi saran UMKM dan UKM dapat membuat inovasi usaha, bukan saja melalui produk tapi juga dalam pengelolaan keuangan, dengan begitu usaha yang kelola akan perkembang. (Adv)

Sumber : Humas Pemprov Gorontalo

Comments are closed.