Take a fresh look at your lifestyle.

Jelang Tradisi Tumbilotohe, Pedagang Lampu Botol Musiman Mulai Marak

GORONTALO – Jelang perayaan tradisi malam pasang lampu atau tradisi tumbilotohe, para pedagang musiman lampu botol mulai beraktifitas menjual dagangannya di trotoar Jalan Samratulangi, Kelurahan Limba U Dua, Kecamatan Kota Selatan.

Salah satunya Ance Dama (53), yang bersama istrinya menjual lampu botol di trotoar jalan samping pasar sentral. ia mengaku telah berjualan sejak 20 tahun yang lalu dan tidak pernah pindah lokasi saat berjualan lampu di tempat itu.

“Menjual disini sejak 20 tahun, ya tempatnya disini-disini terus tidak pernah pindah. Dulu cuma saya yang berjualan disini, belum ada ini yang lain” kata Ance Dama yang akrab disapa Om Ance menceritakan awal dia berjualan lampu botol. Kamis (23/05/19)

Om Ance mengaku menyediakan lampu botol sekitar sepuluh ribu botol dan dijual dengan garga seribu rupiah perbotolnya. Untuk modal berjualan ia mengaku menyiapkan uang sekitar tiga juta rupiah.

“Ini saya sediakan ada seribu botol, terus yang di pajang ini ada sekitar 3000 sampai 4000 an botol” ungkap Om Ance saat ditemui Pojok6.com.

ia mengatakan untuk pembeli saat ini masih relatif sepi namun diprediksi akan meningkat beberapa hari menjelang malam Tumbilotohe.

“Ini masih sepi, nanti kalau sudah dekat malam pasang lampu baru ramai pembeli” ujarnya

Berdagang lampu botol ia mengaku bisa meraup keuntungan puluhan juta rupiah bahkan ditahun tahun sebelumnya bisa sekitar 12 juta hingga 17 rupiah.

“Oh, banyak. Puluhan juta, sekitar 12 juta bahkan pernah sampai 17 juta” pungkas Om Ance. (KT05)

Comments are closed.