Take a fresh look at your lifestyle.

Pemprov  Gorontalo Gelar Tenggeyamo Untuk Penentuan Satu Ramadan 1440 Hijriah

GORONTALO – Pemerintah provinsi (Pemprov) Gorontalo menggelar adat Tenggeyamo atau penetapan awal ramadan 1440 hijriah di rumah jabatan gubernur, Minggu (5/5/2019).

Adat Tenggeyamo merupakan pemberitahuan resmi lembaga adat dan pemerintah daerah kepada umat muslim dengan mengacu pada hasil sidang isbat Kementerian Agama RI. Berdasarkan hasil sidang isbat, 1 Ramadan 1440 Hijriah ditetapkan jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019.

Usai prosesi adat Tenggeyamo, Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengutarakan rasa syukurnya ramadan tahun ini serentak dilaksanakan oleh seluruh umat Islam. Tidak ada perbedaan dalam penetapan awal ramadan antara ormas Islam dengan keputusan pemerintah.

“Alhamdulillah tahun ini kita umat muslim melaksanakan ibadah puasa serentak. Kita bersyukur tidak ada perbedaan dalam penetapan 1 Ramadan,” ucap Idris.

Lebih lanjut Idris mengutarakan bahwa selama bulan puasa, pemprov Gorontalo akan menggelar safari Ramadan ke seluruh kabupaten dan kota. Selain untuk bersilaturahim dengan sesama umat muslim, pada kegiatan safari Ramadan juga akan dilaksanakan pasar murah dan penyerahan sejumlah bantuan program Pemprov Gorontalo.

“Tim safari Ramadan Pemprov Gorontalo akan mulai berkeliling ke kabupaten/kota pada minggu kedua untuk bersilaturrahim dengan masyarakat,” ujarnya.

Setelah mengikuti adat Tenggeyamo, Wagub Idris Rahim bersama Kepala Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Kudrat Dukalang, Ketua Pengadilan Tinggi Agama dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Gorontalo, melaksanakan shalat tarawih di Masjid Agung Baiturrahim, Kota Gorontalo. (Adv)

(Sumber : Humas Pemprov Gorontalo)

 

 

Comments are closed.