Jaring Pemilih Pemula, KPU Kembali Gelar Lomba Cerdas Cermat

Lomba Cerdas Cermat tentang Kepemiluan yang digelar KPU Provinsi Gorontalo, Kamis (20/12). Foto : iwandije

Gorontalo – Jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang akan dilaksanakan secara serentak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo kembali menggelar lomba Cerdas Cermat tingkat SMA sederajat se-Provinsi Gorontalo. Hal ini dilakukan untuk sekaligus untuk mensosialisasikan tahapan Pemilu kepada para siswa, yang merupakan pemilih pemula.

Lomba Cerdas Cermat tentang kepemiluan yang digelar di halaman kantor KPU Provinsi Gorontalo, Kamis (20/12/2018), diikuti oleh masing-masing 2 perwakilan sekolah yang mewakili KPU Kabupaten Kota se-Provinsi Gorontalo.

Read More
banner 300x250

Saat diwawancara, Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM, Selvi Katili mengatakan, lomba Cerdas Cermat yang dilaksanakan ini merupakan program nasional, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kepemiluan kepada mereka yang saat ini masih SMA, sekaligus menjaring pemilih pemula.

“Jadi ada masing-masing 2 peserta yang mewakili KPU Kabupaten Kota se-Gorontalo. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar para siswa yang saat ini masih duduk dibangku SMA dan akan menggunakan hak pilihnya pada April 2019 nanti, bisa memahami dan memaknai bagaimana cara memilih,” kata Selvi.

Selain itu, lanjut Selvi, para peserta bisa lebih memahami tahapan Pemilu dilihat dari peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Para peserta yang ikut dalam lomba ini merupakan hasil seleksi dari KPU Kabupaten Kota, yang diajukan 2 perwakilannya ke KPU Provinsi. Selain cerdas cermat, ada juga lomba yel-yel,” ungkapnya.

Lomba Cerdas Cermat Kepemiluan ini dilaksanakan secara serentak oleh KPU Provinsi di seluruh Indonesia setiap menjelang Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden. Dan untuk Provinsi Gorontalo sendiri memperebutkan total hadiah 9 juta rupiah, trophy dan piagam. (idj)

Baca berita kami lainnya di

Related posts

banner 468x60